Thursday, June 13, 2013

Hari 30: Living level "It Doesn't Get Easier, You Just Get Stronger"

Hari ini Jogja diguyur hujan yang luar biasa derasnya, dengan angin, dengan literan air yang turun berlomba memenuhi tanah Jogja. Hari ini saya terjebak dikampus, lantai empat, dengan hembusan angin dan cipratan hujan yang membasahi kami berdua dikoridor kampus. Membicarakan hal-hal tentang kehidupan bersamaan dengan suara petir yang bersautan.

"Kamu tahu engga, kalau orang-orang itu sukanya me-labeli orang lain dengan sesuatu" gumamku
"Kamu tahu? Aku jadi takut ketika membayangkan gelar yang sudah kutempuh dengan susah payah, terus orang-orang hanya akan melihat sesuatu yang jauh kedepan"
Kamu bingung dan bertanya "Seperti apa misalnya?"

"Habis ini kerja dimana? atau hal-hal lainnya. Bisa engga sih orang-orang cukup merayakan dan memberikan selamat sebatas apa yang terjadi di hari itu?" 
Gerutuku sambil melihat jadwal pendadaran yang tertempel di papan pengumuman kampus sore ini.


***

Percakapan ini kemudian membawa saya berkelana lagi di pikiran saya. 
Sebelumnya saya pernah membicarakan ini dengan salah seorang sahabat saya.

Bahwa hidup kita ini sama halnya seperti sebuah game yang berjudulkan nama kita sendiri.
Tingkat kesulitannya memang berbeda-beda, tapi kita bisa memberikan nama yang sama.

Misalnya, pertanyaan "habis ini kerja dimana" itu sih masih level easy dalam sebuah game.
Tantangan lainnya kemudian mengarahkan kepada pertanyaan "kapan nikah?" 
setelah menikah akan muncul "kapan punya anak?" 
setelahnya "kapan punya anak kedua?" 
setelahnya"kapan kita liburan keluarga?" 
atau "kapan mama dibelikan perhiasan baru?" 
atau "kapan papa naik pangkat" 
atau "kapan kamu punya waktu buat saya" .....




 
Pertanyaan yang semakin menuntut dan mengerucut.
Pertanyaan dikehidupan yang ketika diruntut memiliki difficultiesnya masing-masing.
Untuk level "Intermediate" sendiri saya engga paham, mungkin akan berhubungan dengan religi, atau kesehatan atau entah banyak sekali indikatornya.



Banyak sekali hal yangmana kalau kita kritisi engga akan habis.
Dan jangan pernah menuntut hidup untuk menjadi lebih mudah, it will never happens anyway.
Karena bagaimana pun yang terjadi di hidup kita itu kembali lagi ke kita.
Kita yang harus lebih kuat dalam menghadapinya.

"It Doesn't Get Easier, You Just Get Stronger"
...and i will love you better, C



No comments:

Post a Comment